5 Alasan Mengapa Email Masuk Spam

Jika kamu sering menemukan kasus email marketing yang masuk spam. Jelas ini akan merugikan karena promosi anda tidak akan sampai pada target market. Mungkin anda akan bertanya. Mengapa bisa terjadi demikian? Padahal saat mengirim pesan sudah sesuai dengan yang seharusnya. Nah, untuk bisa mengetahui jawabannya, anda bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Mengapa Email Masuk Spam

Disini kita akan menjelaskan beberapa alasan mengapa email bisa masuk pada kolom spam dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelumnya kita juga telah membahas bagaimana cara membuat akun email baru di hp yang sama.

1. Penerima Menandainya Sebagai spam

Mungkin email pengirim tidak ada masalah. Hanya sebatas email promosi terkait produk terbaru yang akan ditawarkan. Namun jika penerima telah menandainya sebagai spam, maka mau tidak mau email yang dikirim akan masuk spam.

BACA  Download YouTube Vanced - YouTube premium gratis selamanya

Sebenarnya pengirim bisa sedikit mengakalinya. Yaitu dengan memberikan judul yang menarik. Dengan judul yang tepat, resiko terbuang pada kolom spam akan lebih kecil.

2. Tidak Mendapat Izin dari Penerima

Bayangkan saja jika anda menerima email dari orang yang tidak dikenal. Jelas anda akan mengabaikannya begitu saja dan memasukkannya pada daftar spam. Untuk menghindari hal ini, pengirim hendaknya meminta izin terlebih dahulu sebelum mengirim email.

Caranya adalah memberikan formulir online yang diisi oleh audiens sendiri. Dengan demikian, email yang nantinya akan diterima audiens memang diharapkan oleh audiens itu sendiri. Informasikan juga bahwa penerima mendapat email tersebut dari formulir berlangganan yang diisinya sendiri.

3. Title Email Tidak Relevan

Jangan gunakan judul clickbait untuk mengirim email. Karena sudah jelas akan ditandai sebagai spam yang menganggap pengirim telah menipunya. Hindari penggunaan klaim yang berlebihan, penggunaan format yang tidak sesuai, atau penggunaan pesan pribadi.

4. Konten Email Terjaring Filter Spam

Filter spam akan bekerja dengan cara menyaring berdasar elemen tertentu yang terkandung di dalamnya. Jika email pengirim mengandung elemen tersebut, maka besar kemungkinan akan terjaring filter spam.

BACA  5 Software Cleaner untuk PC dan laptop (pembersih cache / file)

Adapun elemen yang sering terjaring filter spam adalah seperti tanda dolar yang berturut-turut, kalimat dengan huruf besar semua, dan kata yang mengandung banyak tanda baca yang tidak perlu. Selain itu, kalimat yang berisi banyak kata “gratis” biasanya juga akan terjaring filter spam.

5. Tidak Ada Link Berhenti Berlangganan

Email marketing tanpa pilihan berhenti berlangganan biasanya akan membuat pelanggan dan penerima kesal. Maka tak heran jika penerima akan menganggapnya spam karena merasa sudah tidak memerlukan lagi dan hanya menambah penuh isi inbox.

Untuk menghindari hal ini, berilah keleluasaan pelanggan untuk berhenti jika merasa tidak membutuhkan jasa atau produk anda. Beri opsi berhenti berlangganan pada email marketing yang sering anda kirimkan.

Pada intinya, jangan terlalu memaksa jika tidak ingin dianggap spam. Agar bisa membuat email yang menarik dan bisa diterima pelanggan.

5 Alasan Mengapa Email Masuk Spam

Tinggalkan Balasan